KPMB Selenggarakan Webinar Berseri Pendalaman Materi Substantif Mata Pelajaran Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika

Dalam rangka meningkatkan dan membantu penjaminan mutu pendidikan di madrasah, Komunitas Pendidik Madrasah Berbagi (KPMB) bekerjasama dengan MGMP Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika, beberapa Universitas di Indonesia dan dosen-dosen terpercaya yang siap mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia, diantaranya dari UPI, UNJ dan UMMI.

Dengan support sistem dari GTK Madrasah Kementrian Agama Republik Indonesia, KPMB menyelenggarakan Kegiatan Pendalaman Materi Substantif Mata pelajaran Matematika, Biologi, Kimia dan Fisika.



Pendaftaran peserta yang dibuka mulai tanggal 1 Juli 2021 tersebut menjadwalkan kegiatan sebagai berikut:

Jadwal Kegiatan Mulai tanggal 5 Juli 2021

Mapel Matematika Setiap Senin
Mapel Biologi Setiap Selasa
Mapel Kimia Setiap Rabu
Mapel Fisika Setiap Kamis

Materi

Pendalaman Materi Matematika:
01 Geometri
02 Peluang binomial
03 Baris dan deret
04 Trigonometri
05 Trilogi kalkulus
06 Teori bilangan
07 Integral
08 Ketaksamaan AM GM HM
09 Teorema Ceva dan Menelaus
10 Persamaan dan pertidaksamaan Nilai Mutlak

Pendalaman Materi Kimia:
01 Elektrokimia
02 Hidrolisis garam
03 Larutan penyangga
04 Termokimia
05 Kecepatan reaksi
06 Kesetimbangan kimia
07 Sifat koligatif larutan
08 Stokiometri
09 Redoks
10 Reaksi senyawa karbon
11 Senyawa turunan alkana
12 Polimer

Pendalaman Materi Biologi:
01 Asal-usul kehidupan di bumi, evolusi populasi dan hukum Hardy Weinberg
02 Klasifikasi, kladogram dan pohon filogeni
03 Bakteri dan arkaea
04 Protista
05 Fungi
06 Dunia hewan
07 Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
08 Morfologi Tumbuhan
09 Klasifikasi tumbuhan
10. Anatomi tumbuhan
11. Reproduksi, iritabilitas dan pemencaran tumbuhan
12. Gen, protein dan regulasi ekspresi gen

Pendalaman Materi Fisika:
01 Kinematika
02 Dinamika
03 Usaha energi
04 Gelombang
05 Optik
06 Listrik dinamis
07 Listrik statis
08 Kemagnetan dan GGL Induksi
09 Relativitas
10 Fisika kuantum
11 Teknologi digital
12 Ekono fisika

Fasilitas
Free E-sertifikat webinar
File materi
Rekaman kegiatan
1 Sertifikat 32 JP (S & K BERLAKU)

Boleh diikuti oleh:
Guru
Dosen
Pengawas
Kepala madrasah/sekolah
Praktisi Pendidikan
Siswa
Mahasiswa

Direncanakan, pendalaman materi substantif Geografi dan Ekonomi akan menyusul.

Kumpulan Soal dan Solusi Olimpiade Matematika Indonesia (9 Tahun Penyelenggaran OSN 2002-2010)

Pada postingan sebelumnya, Mu'alliMATH Showroom telah berbagi Diktat Pembinaan Olimpiade Matematika karya Bapak Eddy Hermanto, ST. Kali ini Mu'alliMATH Showroom kembali akan berbagi E-Book yang disusun oleh Bapak Eddy Hermanto, ST berupa Kumpulan Soal dan Solusi Olimpiade Matematika Indonesia 9 Tahun Penyelenggaraan OSN, yang berisi soal dan solusi Olimpiade Matematika Tingkat Kabupaten/Kota, Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional yang berlangsung di Indonesia dari tahun 2002-2010 dan dapat dipergunakan dalam menyiapkan siswa-siswa menuju Olimpiade Sains Nasional pada tahun-tahun berikutnya.

Berikut adalah E-Book Kumpulan Soal dan Solusi Olimpiade Matematika Indonesia (9 Tahun Penyelenggaran OSN 2002-2010).

Diktat Materi Dasar Pembinaan Olimpiade Matematika Tingkat SMA/MA


Pada kesempatan kali ini, Mu'alliMATH Showroom akan berbagi materi berupa Diktat Pembinaan Olimpiade Matematika yang ditulis oleh Bapak Eddy Hermanto, ST. 
Berikut ini adalah file Diktat Pembinaan Olimpiade Matematika. Semoga bermanfaat, khususnya untuk pelajar yang mempersiapkan diri dalam mengikuti kompetisi atau olimpiade matematika.
 

"Guru Tak Berharap Dikenang"

April 2018 saya didapuk untuk memberikan sambutan mewakili orangtua wisudawan/ wisudawati di prodi puteri saya. Bukan karena apa-apa. Pada batch kelulusan kali itu memang diharapkan agar sambutan disampaikan oleh orangtua yang juga seorang pendidik. Orangtua yang ditunjuk pertama kali adalah seorang dekan atau rektor (saya lupa) sebuah perguruan tinggi negeri. Beliau berhalangan, lalu dimintalah saya yang menggantikan.


Sebelum saya memberikan sambutan, puteri saya sudah mewanti-wanti, "ayah jangan mewek ya. Jangan juga cerita-cerita tentang adek." Oh, tentu tidak anakku sayang. Walau saya tahu bahwa perjuangan dia untuk menjadi seorang sarjana sangat pantas untuk diceritakan, tapi saya tahu dirilah. Ini bukan momen yang tepat.
Pada sambutan itu tak banyak yang saya sampaikan. Poin utama yang saya sampaikan adalah bahwa seorang guru sejati itu tak pernah minta untuk dikenang, apalagi dihormati. Guru sejati tak pernah keberatan untuk dilupakan. Satu saja keinginan seorang guru sejati: semua muridnya menjadi manusia sukses yang baik, mulia, dan bermanfaat luas. Seorang guru sejati berharap semua muridnya menjadi insan yang berbudi pekerti dan terhormat.
Lalu saya lanjutkan dengan, "adalah sifat orang berbudi pekerti tinggi, mulia dan terhormat untuk menghormati dan mengenang jasa guru-gurunya."
Para anak muda, hormati guru dengan tulus, sebagai sebuah sikap diri. Bukan untuk memenuhi permintaan sang guru agar dihormati.
Para guru, teman-teman saya semua, bersiaplah untuk dilupakan. Kita 'hanyalah' sekeping masa lalu dalam dunia masa depan anak-anak didik kita.

Fungsi Invers

Fungsi invers merupakan suatu fungsi yang berkebalikan dari fungsi asalnya. Untuk memahami fungsi invers, secara sederhana dapat dimisalkan sebagai berikut. Misalkan f = {(3, a), (5, b), (7, c), (9, d)} maka invers dari f adalah {(a, 3), (b, 5), (c, 7), (d, 9)}.


Adapun lebih jelasnya mengenai fungsi invers, dapat dipelajari pada file materi berikut:

 
Berikut adalah video-video untuk membantu dalam mempelajari materi invers fungsi. 

Video pertama (Sumber: Le Gurules Youtube Channel)


Video kedua (Sumber: Galih P Saputra Youtube Channel)


Video ketiga (Sumber: I-Math Tutorial Youtube Channel)


Video keempat (Sumber: Praba TV Youtube Channel)

Komposisi Fungsi

Tahukah kalian sejarah perkembangan mesin cuci? Pada awalnya, mesin cuci hanya untuk mencuci pakaian. Untuk mengeringkan pakaian digunakan mesin pengering. Seiring dengan perkembangan teknologi, manusia berupaya untuk menggabungkan mesin cuci dan mesin pengering. Hasilnya, muncullah mesin cuci yang mampu mencuci sekaligus mengeringkan. Penggabungan kerja mesin cuci tersebut memiliki kesamaan dengan konsep komposisi fungsi.


Dalam matematika, dari dua buah fungsi yaitu f(x) dan g(x) dapat dibentuk fungsi baru menggunakan operasi komposisi. Operasi komposisi dilambangkan dengan "o" (dibaca: "komposisi" atau "bundaran").

Fungsi baru yang dapat dibentuk dari operasi komposisi tersebut adalah:
(f o g)(x), dibaca: "f bundaran g x" atau "f komposisi g x" atau "f g x".
(g o f)(x), dibaca: "g bundaran f x" atau "g komposisi f x" atau "g f x".

Lebih lanjut mengenai komposisi fungsi dapat dipelajari dari file berikut:
 
Video-video yang dapat membantu dalam mempelajari Fungsi Komposisi antara lain adalah sebagai berikut.

Video pertama (Sumber: Mathsyairozi Youtube Channel)

Video kedua (Sumber: DHIN 2604 Youtube Channel)
 

Video tipe-tipe soal Fungsi Komposisi (Sumber: BOM Matematika Youtube Channel)

Juknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2021

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar (tahun 2012), KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi dan mulai tahun 2018 KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam.



Pada tahun 2021 Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam kembali akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan KSM. Kegiatan itu akan dimulai dari KSM tingkat Satuan Pendidikan, KSM tingkat Kabupaten/Kota, KSM tingkat provinsi hingga KSM tingkat Nasional.

Kegiatan KSM tahun 2021 dilaksanakan secara daring untuk tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi. Sedangkan untuk KSM Tingkat Nasional dilaksanakan secara luring di setiap kanwil atau tempat yang ditunjuk oleh kanwil Provinsi. Dalam KSM tahun 2021 ini, soal juga akan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab. Hal ini merupakan sebuah bentuk persiapan kegiatan KSM di masa mendatang yang akan Go International, berkompetisi dengan beberapa negara sahabat.

Berikut adalah petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan KSM tahun 2021.