Kultum Mengisi Kegiatan Pra KBM Santriwati MA Mu'allimat NW Pancor Selama Ramadhan

Mulai diberlakukannya pembelajaran tatap muka di Lombok Timur disambut baik oleh dewan guru dan santriwati MA Mu’allimat NW Pancor. Selama bulan Ramadan ini, kegiatan shalat dhuha berjamaah mulai dihidupkan kembali setelah sebelumnya ditiadakan sementara karena meningkatnya kasus Covid-19 di NTB. 

Selain shalat dhuha berjamaah, kegiatan pagi sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) diisi juga dengan kegiatan imtaq lainnya secara terjadwal berupa kultum dan tahsin oleh guru-guru pengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), kegiatan membaca Al-Qur’an yang dikoordinatori anggota OSIS, serta pemberian materi mengenai program-program madrasah lebih lanjut.

Kegiatan yang terjadwal pukul 07.00 – 07.25 WITA tersebut dilaksanakan di Aula Asrama MA Mu’allimat NW Pancor mulai 21 April hingga 6 Mei 2021. Harapannya dengan adanya program-program imtaq ini, mampu mengarahkan santriwati untuk mengisi Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan membentuk karakter santriwati untuk bertanggung jawab, utamanya dalam melaksanakan kewajibannya sebagai muslimah.


Soal KSM Matematika Tingkat MA Kabupaten Lombok Timur 2017

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sahabat Berbagi, kali ini Mu'alliMATH Showroom akan share soal Kompetisi Sains Madrasah (KSM) bidang studi Matematika tingkat MA Kabupaten Lombok Timur 2017 beserta kunci jawabannya. Semoga bermanfaat bagi Sahabat Berbagi, khususnya yang tengah persiapan mengikuti KSM.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Berikut file soal KSM Matematika Tingkat MA Kabupaten Lombok Timur 2017

Untuk kunci jawabannya bisa dilihat di sini.

Menyederhanakan Bentuk Akar Kuadrat dengan Bantuan Pohon Faktor

Bentuk akar termasuk dalam bilangan irasional, yaitu bilangan yang tidak dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan a/b, di mana a dan b merupakan bilangan bulat, serta b ≠ 0.

Contoh bilangan-bilangan bentuk akar adalah √2, √3, √8, √12, √50. Sedangkan bilangan-bilangan seperti √4, √25, √49, √100 bukan merupakan bentuk akar, karena √4 = 2, √25 = 5, √49 = 7, dan √100 = 10, di mana 2, 5, 7, dan 10 merupakan bilangan rasional, yaitu bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan a/b, dengan a dan b adalah bilangan bulat serta b ≠ 0.

Dalam matematika, seringkali bentuk akar perlu dituliskan dalam bentuk yang paling sederhana untuk dapat mempermudah saat pengoperasian (proses perhitungan). Lalu bagaimanakah cara menyederhanakan bentuk akar?

Pada video berikut akan dipaparkan salah satu cara menyederhanakan bentuk akar kuadrat dengan bantuan pohon faktor.


Guru-Guru MA Mu'allimat NW Pancor Ikuti Program Vaksinasi COVID-19 Tahap 1

Sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, tenaga pendidik MA Mu’allimat NW Pancor mengikuti program vaksinasi covid-19 tahap 1 pada Sabtu, 17 April 2021 di Puskesmas Denggen, Lombok Timur. Seperti diketahui, guru dan tenaga kependidikan merupakan salah satu golongan masyarakat yang menjadi prioritas penerima vaksin. Hal ini dikarenakan guru tidak luput dari adanya interaksi dengan peserta didik saat pembelajaran tatap muka. Setelah beberapa hari sebelumnya data semua guru dikirimkan kepada pihak puskesmas, pada saat vaksinasi guru cukup membawa fotokopi KTP ke puskesmas.

Tahap awal program vaksinasi tahap 1 untuk guru ini dimulai dari pendataan identitas diri, pengecekan tekanan darah, screening dan wawancara, pemberian suntikan vaksin, hingga observasi selama kurang lebih 30 menit pasca vaksinasi. Selanjutnya guru yang sudah divaksin akan diberikan kartu vaksinasi covid-19 yang menerangkan riwayat pemberian vaksin dosis pertama. Selain itu, melalui pesan singkat SMS, guru yang sudah divaksin tahap 1 akan mendapat pemberitahuan berupa jadwal vaksin tahap 2 serta link sertifikat Vaksinasi Covid-19.

Guru-guru menyatakan sangat bersyukur karena pasca vaksinasi tidak ada keluhan yang berarti. Efek yang dirasakan menurut beberapa guru hanya terasa agak mengantuk. Untuk itu, guru-guru lainnya dihimbau mengikuti program vaksin ini. Program vaksin ini merupakan salah satu ikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Jangan takut divaksin. Petugas puskesmas juga tidak berani sembarangan memberikan vaksin karena ada tahapan screening kesehatan sebelum vaksin diberikan. Semoga dengan program vaksinasi ini, diberikan imunitas yang lebih untuk melawan covid-19.

Soal dan Pembahasan Indonesia Students Science Competition (ISSC) 2021

Indonesia Students Science Competition (ISSC) 2021 merupakan event kompetisi yang diselenggarakan oleh organisasi non-pemerintah Student Training Center Indonesia untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK. Kompetisi yang bertema "Grab Your Future and Make It Come True" ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap kompetisi untuk tingkat SD/MI dan SMP/MTs pada Minggu, 4 April 2021 dan tahap kompetisi untuk tingkat SMA/MA/SMK pada Minggu, 11 April 2021.


Berikut ini adalah file soal dan pembahasan ISSC 2021 bidang Matematika tingkat SMA/MA/SMK.

 
Untuk mengunduh file soal dan pembahasan masing-masing bidang yang dilombakan pada ISSC 2021 tingkat SMA/MA/SMK dapat melalui tautan berikut.

Soal dan pembahasan ISSC 2021 bidang Bahasa Inggris: Download di Sini
Soal dan pembahasan ISSC 2021 bidang Biologi: Download di Sini
Soal dan pembahasan ISSC 2021 bidang Ekonomi: Download di Sini
Soal dan pembahasan ISSC 2021 bidang Fisika: Download di Sini
Soal dan pembahasan ISSC 2021 bidang Geografi: Download di Sini
Soal dan pembahasan ISSC 2021 bidang Kimia: Download di Sini
Soal dan pembahasan ISSC 2021 bidang Matematika: Download di Sini
Soal dan pembahasan ISSC 2021 bidang Sosiologi: Download di Sini

Santriwati MA Mu'allimat NW Pancor Persembahkan 10 Medali di Ajang ISSC 2021

Sepuluh medali berhasil dipersembahkan santriwati MA Mu’allimat NW Pancor pada ajang Indonesia Student Science Competition (ISSC) 2021. Kompetisi sains yang diselenggarakan oleh Student Training Center Indonesia ini berlangsung pada Ahad 11 April 2021 secara virtual. Sedangkan nama-nama juara diumumkan pada Rabu 14 April 2021.


Sepuluh medali yang dipersembahkan santriwati MA Mu’allimat NW Pancor ini terdiri dari tiga medali perunggu pada bidang Bahasa Inggris yang masing-masing diraih oleh Mawalina, Siti Vadiani Nur Davina, dan Mutiah Ramadani Putri; 2 medali perak dan 1 perunggu pada bidang Biologi yang masing-masing diraih oleh Annisa Rauli Mailinda, Siti Aulia Ramdhani, dan Niswatun Nisa. Adapun pada bidang Ekonomi, 2 medali perunggu berhasil diraih oleh Siti Mu’minatul Mahfudzoh dan Widyatul Jannah. Selanjutnya 1 medali perak dan 1 perunggu pada bidang Geografi secara berturut-turut diraih oleh Atika Nurdalila dan Lili Aulia Julianti Azima.

Prestasi yang diraih oleh santriwati ini tidak lepas dari semangat berprestasi dari santriwati yang didukung sepenuhnya oleh pihak madrasah. Ajang ISSC sendiri merupakan ajang kompetisi sains untuk siswa-siswi tingkat nasional, sehingga pesertanya tersebar dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan diraihnya 10 medali ini menunjukkan bahwa santriwati MA Mu’allimat NW Pancor mampu bersaing di tingkat nasional.