Penma Selenggarakan Pelatihan Desain Poster dan Pameran Kreasi Guru Matematika

Komunitas Pendidik Matematika (penma) menyelenggarakan pelatihan aplikasi Canva yang dirangkai dengan pameran kreasi khusus bagi guru matematika se-Indonesia. Program ini bertujuan mengajak serta memfasilitasi guru untuk membuat suatu karya, seperti poster motivasi atau poster tentang fakta unik matematika.


Komunitas yang didirikan oleh Muhammad Dias Syahrian ini memiliki tujuan utama yaitu “Untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika sehingga pada tahun 2030 nanti Indonesia bisa berada di urutan 10 besar dunia”. 

Kegiatan dimulai dengan pendaftaran peserta mulai 6 - 16 Juli 2021. Hadir sebagai narasumber dan trainer saat pelatihan aplikasi Canva secara online (18/07/2021) adalah Tigin Chaerul Nuraziz. 


Setelah pelatihan berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan pameran hasil kreasi guru dengan tema karya dibatasi pada konten matematika baik berupa konsep, motivasi ataupun fakta unik tentang matematika. Pameran karya ini bertujuan dalam rangka apresiasi usaha dan hasil karya peserta kreasi guru yang dilaksanakan selama 6 hari mulai tanggal 19 - 24 Juli 2021 melalui akun media sosial masing-masing peserta. 

Berdasarkan kegiatan pameran, akhirnya pada 25 Juli 2021 diumumkan 8 peserta yang mendapat reward dari penma berupa buku Catatan Guru Matematika karya Dias Syahrian, di antaranya: Elisabeth Hyun Duhita dan Nurmala untuk kategori peserta dengan karya terbanyak; Lailil W. Solikhah dan Istari Muslimah untuk kategori karya dengan like terbanyak di Facebook; Sri Wuryaningsih dan Mohammad Ichsan untuk kategori karya dengan like terbanyak di Instagram; Siti Sri Shofiati dan Diah Chusnul Khotimah untuk kategori karya terbaik hasil penilaian juri.

Melalui kegiatan ini diharapkan guru akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan berupa urgensi guru dalam berkarya melalui pelatihan Canva dengan metode demonstrasi dan model pembelajaran hands-on (praktik), memfasilitasi Guru Matematika untuk berkarya, dan menjadi sarana untuk mengevaluasi strategi pembelajaran Matematika khususnya dalam hal media pembelajaran.

0 Comments:

Post a Comment