Statistika Seri 05: Ukuran Penyebaran Data

Ukuran penyebaran data merupakan nilai yang menggambarkan sejauh mana data cenderung menyebar (menyimpang) dari ukuran pemusatan data. Ukuran penyebaran atau ukuran keragaman pengamatan dari nilai-nilai pusatnya disebut simpangan (deviation/dispersi). Makin besar nilai simpangan, penyebaran data makin tinggi atau makin bervariasi. Ukuran penyebaran data antara lain variansi dan simpangan baku.

Pada file berikut akan dibahas mengenai ukuran penyebaran data tunggal maupun data berkelompok yang meliputi: Jangkauan, Jangkauan Antarkuartil, Simpangan Kuartil, Simpangan Rata-Rata, Ragam, dan Simpangan Baku.


Adapun video yang menjelaskan mengenai cara menentukan Simpangan Rata-Rata, Ragam/Varians, dan Simpangan Baku dari suatu data antara lain sebagai berikut.

Video Simpangan Rata-Rata, Ragam, dan Simpangan Baku Data Tunggal (Sumber: LELANGAYA Channel)

 

Video Simpangan Rata-Rata, Ragam, dan Simpangan Baku Data Berkelompok (Sumber: Iva Mairisti Youtube Channel)

Bank Soal AKM Level 5 dan 6

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM, yaitu literasi membaca dan literasi numerasi.

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Modul Matematika Peminatan: Limit dan Turunan Fungsi Trigonometri

Limit dan Turunan Fungsi Trigonometri merupakan materi matematika peminatan untuk kelas XII kurikulum 2013.

Berikut ini adalah modul matematika peminatan untuk kelas XII tentang Limit dan Turunan Fungsi Trigonometri yang disusun oleh Bapak Fauzi Ariono, salah seorang pendidik di SMAN 9 Mataram.

Modul Matematika Peminatan: VEKTOR

Modul mengenai materi Vektor berikut mengkaji lebih dalam tentang pengertian vektor, operasi vektor, panjang vektor, sudut antar vektor dalam ruang berdimensi dua (bidang) dan berdimensi tiga, serta penerapan konsep vektor untuk pemecahan masalah dalam kehidupan nyata.


Modul ini disusun oleh tim penyusun MGMP Matematika Tingkat MA Kabupaten Lombok Timur sebagai hasil workshop MGMP Matematika yang dilaksanakan pada bulan Februari 2021.